Kelebihan durian Musang King Kaki Ganda

Bahwa durian Raja Kucing atau Raja Kunyit atau Mao Shan Wang a.k.a. Musang king adalah buah durian yang istimewa, hal tersebut tidak perlu dipertanyakan lagi. Namun tahukah Anda keistemewaan fisik lain yang dimiliki durian ini? Adakah untuk memperoleh keistimewaannya? Atau bagi Anda semua pohon Musang king sama saja, tak ada perbedaan sama sekali. Jika jawaban Anda ya, berarti sesuatu yang penting sudah Anda lewatkan. Salah satunya adalah bagian bawah atau kaki dari pohon Musang king. Kalau Anda perhatikan kaki pohon durian Musang king unggulan memiliki jumlah yang berbeda. Ada yang Cuma berkaki satu, tumbuh lurus. Namun ada pula yang kaki pohonnya yang berjumlah tiga. Nah, pada artikel kali ini kami mencoba menyampaikan informasi penting bahwasanya pohon durian Musang king berkaki tiga memiliki keistimewaan-keistimewaan lain dibandingkan Musang king berkaki satu atau buah durian lain pada umumnya.

Pohon atau tanaman durian Musang king adalah tanaman asli daerah tropis. Karena itu pohon durian Musang king sangat cocok ditanam di Nusantara yang memang juga beriklim tropis, dengan kelembaban yang melimpah dan pancaran sinar matahari yang kuat. Suhu untuk tumbuh idealnya adalah rata-rata 23º C. Meski ia mampu tumbuh pada suhu 10º C namun hal tersebut akan berdampak pada jumlah daun yang dihasilkannya menurun drastis. Jadi sangatlah kecil kemungkinan sukses menanam durian jenis ini diluar daerah tropis. Ketinggian tempat tumbuh pohon durian Musang king adalah sekitar 400-600 m dpl (dari permukaan laut) seperti yang tumbuh didaerah sekitar pulau Jawa. Tanaman ini membutuhkan curah hujan tahunan rata-rata 2000 mm.

Buah yang dihasilkan pohon durian Musang king berkualitas sangat tinggi. Kulit dagingnya kering, berwarna kuning keemasan dengan daging buah yang sangat tebal namun bijinya kempes. Aromanya harum khas durian dengan citarasa sangat manis dan sedikit rasa pahit, rasa yang makin membuatnya makin mantap. Nilai jualnya sangat mahal, bisa mencapai Rp 150.000 per kg buah segar dan Rp 435.000 per kg buah beku.

Keunggulan Durian Musangking Kaki Ganda

Secara umum tidak ada perbedaan fungsional antara tanaman durian musangking berkaki satu dengan berkaki tiga. Hanya saja dengan adanya tiga kaki tanaman durian Musang king dapat menyerap nutrisi dan unsur hara dari dalam tanah secara lebih cepat dan lebih banyak. Efeknya, tanaman menjadi lebih cepat tumbuh dan besar. Oleh karena itu tanaman durian Musang king berkaki tiga sudah cepat dapat berbuah saat batang pohonnya masih pendek.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan durian Musangking Kaki 3 Sebagai berikut :

  • Memiliki sistem perakaran yang lebih kokoh. Hal ini dikarenakan tanaman durian musangking ini ditopang oleh 3 akar sekaligus, sehingga membuat duriang musangking tumbuh berdiri lebih kuat dan tidak gampang roboh tertiup angin kencang. Tanaman durian Musang king kaki tiga juga lebih tahan bahaya longsor.
  • Memiliki sistem penyerapan nutrisi dan unsur hara dari dalam tanah yang lebih cepat dan lebih banyak. Hal ini dikarenakan karena memiliki 3 batang bawah sehingga memiliki 3 akar sekaligus.
  • Proses pembuahan menjadi lebih cepat, Selain memiliki pertumbuhan yang lebih cepat, tanaman durian musangking kaki 3 juga dapat membuat pembuahan lebih cepat. Tanaman biasanya bisa segera berbuah hanya dalam waktu 3-5 tahun saja dengan batang pohon yang masih pendek, namun buahnya sudah bergelantungan. Sangat menguntungkan untuk ditanam di rumah Anda ataupun di perkebunan.
  • Memiliki tampilan yang lebih cantik dan eksotis. Secara fisik, tanaman duriang musangking kaki 3 memiliki tampilan fisik yang lebih bagus jika dibandingkan kaki 1.

Cara Budidaya Durian Musangking Kaki Ganda

Pada dasarnya tidak ada perbedaan dalam membudidayakan duriang musangking kaki tunggal dengan durian musangking kaki ganda. Hanya saja yang membedakannya adalah pada saat perlakuan penanaman bibit dilahan. Dalam menanam bibit durian musangking kaki ganda sebaiknya tiap-tiap kakinya di renggangkan di setiap sisinya. Hal ini bertujuan agar agar durian musangking tidak saling bertabrakan dan dapat lebih cepat mendapatkan unsur hara.  Adapun untuk Langkah-langkah penanamannya masih sama persis. Yaitu dengan memperhatikan 5 hal penting, yaitu : 1). Bibit, 2). Lahan, 3). Lubang tanam, 4). Penanaman, 5). Pupuk.

Secara garis besar atau umum, pilih bibit durian berasal dari hasil perbanyakan sambung pucuk, hal ini menjamin sifat unggul indukan diturunkan pada anakannya dan pertumbuhannya berlangsung lebih cepat. Saat bibit masih muda jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung terus menerus. Karena pada saat itu bibit masih belum kuat dan bisa mengakibatkan daunnya layu atau rusak. Berikanlah tempat yang semi teduh agar tidak rusak sekaligus mengoptimalkan pertumbuhannya. Bersihkan lahan dari keberadaan tanaman gulma atau tanaman liar lain yang tumbuh disekitar daerah yang akan kita tanami bibit durian. Gulma dan tanaman lain akan mencuri unsur hara dan nutrisi dari dalam tanah yang diperlukan bibit durian untuk tumbuh. Bersihkan juga pohon-pohon atau tanaman yang berpotensi menghambat masuknya cahaya matahari ke lahan yang akan dipergunakan untuk menanami bibit. Jangan lupa tanaman durian Musang king yang kita tanam harus mendapat cukup asupan sinar matahari. Kekurangan sinar matahari mengakibatkan proses fotosintesis pada tanaman durian tidak berjalan, akibatnya pertumbuhan terganggu.

Lubang tanam yang ideal untuk bibit durian Musang king berukuran 50 x 50 x 50 cm untuk bibit yang berukuran setinggi 1 m. Lalu pada lubang tanam tersebut lakukan pemberian pupuk kandang terlebih dulu sebelum nantinya ditanamkan bibit tanaman durian. Berikan pupuk kandang yang kering dan biarkan kira-kira 1-2 hari .

Jarak tanam yang ideal adalah 8 x 8 m atau 10 x 10 m. Jarak berukuran tersebut akan memberi kesempatan kepada tanaman durian Musang king untuk tumbuh optimal. Jarak tanam terlalu dekat berpotensi megakibatkan kompetisi perebutan nutrisi makanan antar tanaman, sehingga pertumbuhan pun terganggu. Masukkan bibit kedalam lubang tanam, lalu pendam. Kedalaman pemendaman dipaskan dengan tanah yang ikut terbawa bibit di akarnya, jangan sampai lebih atau memendamnya sampai ke batang bibit durian. Kemudian tanah diurug tanah secara melingkar dan tutup permukaannya dengan jerami/merang padi. Lakukan penyiraman saat musim kemarau setiap sore harinya demi menjaga kesegaran bibit tanaman.

Pemupukan sebaiknya dilakukan setiap bulan dengan pupuk organik dengan cara menyiramkan pupuk ke bagian bawah bibit tanaman durian Musang king. Saat bibit berusia 3 bulan pasca tanam, berikan pupuk kandang sebanyak ¼ karung untuk setiap tanaman sampai saat tanaman berusia 1-2 tahun.

Kelebihan durian Musang King Kaki Ganda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas
0812-3000-4666
BIDTECHNO - Jasa Pembuatan Aplikasi dan Website